Sejarah

SEJARAH  SMP 39 SEMARANG


Keberadan SMP Negeri 39 Semarang bermula dari Keputusan Menteri Pendidikan  Pengajaran dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 5074/O/Men. PPK Indonesia tanggal 17 April 1950 tentang : Pembukaan Sekolah Tehnik Negeri  II di Semarang yang pada waktu itu beralamat di Jl. Karang Tempel 121, Rejosari, Semarang dalam satu komplek yang terdiri ST 2 tahun dan ST 4 tahun, dan baru menerima siswa mulai tanggal  1 Juli 1950 dengan jurusan :

  • Mesin ( M )
  • Bangunan Gedung ( BG )
  • Listrik ( L )
  • Bangunan Air ( BA )
  • Bangunan Kapal ( BK )

Pada tahun 1956 kampus STN II Semarang pindah dari Rejosari ke Jl. Sompok no. 43 A Semarang hingga sa’at ini. Tempat tersebut pada jaman dulu merupakan lokasi Ambashschool , dan pada jaman pendudukan Jepang digunakan untuk inteniran ( kamp tawanan tentara Belanda ) sedangkan pada masa kemerdekaan RI lokasi tersebut ditempati Staf Ajudan Jenderal / Inmindam Diponegara..

Pada tahun 1965 lahirlah STM Negeri V Semarang yang  untuk sementara waktu menempati satu lokasi dengan ST II, setelah STM Negeri V menempati gedung sendiri pada tahun 1978 lakosi di Jl. Sompok tersebut ditempati oleh ST II dan ST III.

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan jaman maka dengan Keputusan  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 0259/O/1994 tanggal 5 Oktober 1994 tentang : Alih Fungsi Sekolah Tehnik Negeri dan Sekolah Kesejahteraan Keluarga Pertama Negeri menjadi Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri, maka beralihlah STN II Semarang menjadi SLTP Negeri 39 Semarang yang pada waktu itu masih mempertahankan ciri khas sebagai sekolah tehnik dengan melaksanakan Program Pendidikan Keterampilan meliputi :

  • Keteranpilan Bangunan
  • Keterampilan Otomotif
  • Keterampilan Logam
  • Keterampilan Kerajinan dibawah pembinaan Bidang Dikmenjur Kanwil Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Tengah.

Pada tahun 1997 ST III yang pada waktu itu telah menjadi SLTP Negeri 37 Semarang pindah menempati bangunan STM Negeri 3 Semarang di Jl. Sompok sehingga sejak sa’at lokasi di Jl. Sompok no. 43A hanya ditempati oleh SLTP Negeri 39 Semarang.

Pada tahun 2001 untuk menyesuaikan perkembangan jaman dan tuntutan masa depan maka SLTP PPK Negeri 39 Semarang berubah menjadi SLTP Negeri 39 Semarang dengan menghapus Program Pendidikan Keterampilan sehingga menjadi SLTP pada umumnya.

Dan pada tahun 2004 sesuai dengan nomenklatur pada Kurikulum 2004 maka SLTP Negeri 39 Semarang  menjadi  SMP Negeri 39 Semarang hingga sekarang. Sebagai sekolah potensial menempati lahan seluas 9700 m2 terletak di Jalan Sompok 43 A Kelurahan Peterongan Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang dari tahun ke tahun terus senantiasa berbenah diri, baik dari segi fasilitas sarana prasarana maupun dari segi peningkatan mutu akademik dan non akademik.

( dihimpun dari berbagai sumber)

Jl. Sompok 43 A No.Telp. ( 024 ) 8311540 Semarang 50242