Kurikulum

SMP Negeri 39 Semarang dengan berbagai pertimbangan, sekolah memutuskan untuk belum melaksanakan Kurikulum 2013 sebagai kurikulum baru namun masih menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dengan mengintegrasikan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa yang berwawasan lingkungan untuk kelas VII, VIII dan IX. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan pada hari senin-sabtu, untuk jam masuk sekolah dimulai Pukul 07.00 WIB dan jam pulang disesuaikan dengan jumlah jam pelajaran dalam jadwal.

Kelompok Mata Pelajaran

Kelompok Mata Pelajaran

Cakupan

Agama dan Akhlak MuliaKelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama dengan memanfaatkan lingkungan yang ada.
Kewarganegaraan dan KepribadianKelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan ber-masyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia dan memperhatikan lingkungan. Kesadaran dan wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme.
Ilmu Pengetahuan dan TeknologiKelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi dasar ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri dengan tetap berwawasan lingkungan.
Jasmani, Olahraga dan KesehatanKelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sportivitas dan kesadaran hidup sehat serta tetap memperhatikan lingkungan. Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbebasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, HIV/AIDS, demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah.

Selain itu sekolah melaksanakan kegiatan pengembangan diri yang dilaksanakan secara rutin, seperti Upacara bendera hari senin dan hari besar nasional ) untuk mengembangkan nilai disiplin,  kegiatan Jum’at bersih untuk mengembangkan nilai peduli lingkungan, dan Shalat Berjamaah untuk mengembangkan nilai religius.

Struktrur dan muatan Kurikulum SMP Negeri 39 Semarang seperti yang tertuang dalam Standar Isi, meliputi lima kelompok mata pelajaran, meliputi: Agama dan Akhlak Mulia, Kewarganegaraan dan Kepribadian, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Estetika, Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Sedangkan untuk muatan lokal, SMP N 39 Semarang menempatkan Bahasa Jawa sebagai mata pelajaran Muatan Lokal wajib bagi peserta didik kelas VII, VIII dan IX dengan alokasi waktu 2 jam pelajaran per minggu.

Struktur Kurikulum

Komponen

VIIVIIIIX
A. Mata Pelajaran
1. Pendidikan Agama222
2. Pendidikan Kewarganegaraan 222
3. Bahasa Indonesia 444
4. Bahasa Inggris555
5. Matematika555
6. Ilmu Pengetahuan Alam555
7. Ilmu Pengetahuan Sosial 555
8. Seni Budaya 222
9. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan222
10. Teknologi Informasi dan Komunikasi 222
B. Muatan Lokal:
Bahasa Jawa 222
C. Pengembangan Diri
- Bimbingan dan Konseling2*2* 2*
- Upacara Bandera1*1* 1*
- Kebersihan 1*1* 1*
Jumlah363636

Jl. Sompok 43 A No.Telp. ( 024 ) 8311540 Semarang 50242